Minggu, 24 Februari 2008

Penyanyi Qasidah Mudah Sesuaikan Suara dengan Cabang Tarik Suara Lain

Kabupaten Garut sudah dikenal sebagai gudangnya santri. Ratusan pesantren ada di Garut. Seni qosidah sebagai salah satu kesenian yang identik dengan para santri pada kenyataanya merupakan kesenian yang bernuansakan religi. Paduan syair bahasa Arab dan bahasa Indonesia dengan makna yang sarat dengan pesan, pujian atas keindahan, dan nasihat sudah menjadi ciri khas keberadaan kesenian qosidah.

Oleh karena itu, sebagai gudangnya pesantren, wajar jika Garut senantiasa menampilkan group qasidah terbaik dalam berbagai pentas. Demikian sebagian dari isi sambutan Asisten II Sekretaris Daerah Kab. Garut H.Budiman, S.E.M.Si, saat membuka Festival Bangkit Prestasi Qasidah Garut Terbuka 2007, di Gedung Bale Paminton Kab.Garut,Selasa (5/6). Pembukaan Festival juga dihadiri jajaran Pemkab.Garut, para pemuka seni qosidah, pecinta dan pemerhati seni, serta segenap peserta festival.

Asda II Budiman menyatakan kebanggaanya karena selama ini Garut telah banyak menorehkan prestasi dalam berbagai pentas dan lomba cabang seni qosidah yang seyogianya harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Selain daripada itu, Asda II Budiman juga mengutarakan bahwa tanpa mengecilkan arti seni tarik suara lainya, qasidah memiliki kekhasan, yaitu para penyanyi rata-rata mampu beradaptasi dengan cepat bila bergeser ke cabang seni tarik suara lainya. Seperti yang dialami Gita, ia memulai kesenian tarik suaranya dari qasidah, ternyata dalam perjalanan kariernya, ia mampu berkiprah dalam pentas musik dangdut, bahkan mampu meraih sukses sebagai Juara KDI 2. prestasi itu hendaknya menjadi pemacu semangat para penyanyi Garut khususnya dan Jawa Barat pada umumnya untuk senantiasa mengasah bakat dan kemampuanya ke arah yang lebih baik.
Festival Bangkit Pretasi Qasidah Garut Terbuka 2007 ini diikuti oleh 39 group putera dan puteri dari Kabupaten Garut, Cicalengka, dan Pacet Bandung.

garut.go.id

1 komentar:

GITA KDI2 mengatakan...

Asswrwb..
GitaLIs..Alhamdulillah Puji syukur kehadirat Illahi Robbi, gak nyangka fans Gita kreative skali, Jujur Gita terharu sekali dengan adanya milis GitaLis, Blogspot Gitalis..Dan Gita sangat appreciate sekali dengan usaha temen2, besar harapan Gita bahwa Gita menjadi motivator bagi remaja2 Garut untuk mencetak prestasi setinggi mungkin bukan hanya sebatas sebagai penyanyi.
Khusu untuk Blogspot GitaLis ini Insya allah Gita akan sering2 nengokin ya..
Ma kasih temen2 kita..jgn lupa langganan "SMS ASYIK GITA" ya krn info yaling update dr gita ada di SMS ASYIK GITA
Wassalam
GITA KDI

RBT Gita KDI

RBT Gita KDI